Perbandingan Metode Greenshield Dan Greenberg Pada Ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Terhadap Pengaruh Karakteristik Lalu Lintas
DOI:
https://doi.org/10.37598/tameh.v9i2.114Kata Kunci:
Greenshield, Greenberg, Koefisien Determinasi, Volume MaksimumAbstrak
Setiap tahun pertumbuhan penduduk dan jumlah kendaraan terus meningkat sehingga menimbulkan persoalan terhadap tundaan pergerakan arus lalu lintas. Pada Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Langsa tundaan pergerakan terjadi karena jalan tersebut berada pada daerah perkotaan sehingga terdapat fasilitas umum seperti perkantoran, rumah sakit, sekolah dan lain-lain. Selain itu tundaan pergerakan juga terjadi karena adanya hambatan samping seperti kendaraan yang parkir pada badan jalan. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap karakteristik lalu lintas seperti bertambahnya volume lalu lintas, berkurangnya kecepatan dan meningkatnya kepadatan. Ketiga parameter tersebut yang menentukan nilai matematis kapasitas jalan yang dianalisis menggunakan metode Greenshield dan Greenberg. Dari pemodelan tersebut maka diperoleh nilai koefisien determinasi (R²) tertinggi yaitu 0,852 untuk hubungan kecepatan dengan kepadatan, kemudian diperoleh nilai R2 tertinggi 0,986 untuk hubungan volume dengan kepadatan dan nilai R2 tertinggi 0,750 untuk hubungan volume dengan kecepatan. Setelah mendapatakan nilai hubungan matematis antar kedua model, kemudian menentukan volume maksimum dari kedua model. Nilai volume maksimum (VM) menggunakan model Greenshield adalah sebesar 3652,95 smp/jam dan nilai volume maksimum (VM) menggunakan model Greenberg adalah sebesar 434033,692 smp/jam. sehingga dari nilai VM tersebut dapat disimpulkan bahwa model Greenberg lebih baik dibandingkan model Greenshield.
Referensi
Anonim, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.
Anonim, 2015. Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas, Penerbit Menteru Perubungan Republik Indonesia
Dajan, A, 1993. Pengantar Metode Statistik Jilid 1. Jakarta : LP3ES.
Morlok, E.K, 1985. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Terjemahan J.K., Hainin, Jakarta : Erlangga.
R.A. Bukhari dan Shaleh, Sofyan. M., 2002, Diktat Rekayasa Lalu Lintas I, Universitas Syiah Kuala, Aceh.
Sudarmono, 2005. Perilaku Keorganisasian. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Tamin., 2003, Perencana Dan Pemodelan Transportasi: Contoh Soal Dan Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Tamalkhani Syammaun, Firmansyah Rachman, Dwi Murza Nanditha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.